Senin, 08 Desember 2014

Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE)

MICE, akronim bahasa inggris dari "Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition" (Indonesia: Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran), dalam industri pariwisata atau pameran, adalah suatu jenis kegiatan pariwisata di mana suatu kelompok besar, biasanya direncanakan dengan matang, berangkat bersama untuk suatu tujuan tertentu. Akhir-akhir ini telah suatu kecenderungan pada para pelaku pasar pariwisata untuk mengganti istilah ini menjadi " The Meetings Industry". Dunia MICE adalah dunia yang belum terjamah dengan baik di Indonesia. Padahal dunia MICE merupakan salah satu andalan pariwisata di beberapa negara maju. Dunia MICE merupakan salah satu dunia bisnis yang menjanjikan. Namun baru sedikit sekali pihak Indonesia yang mau bermain di dunia MICE. Mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan tentang MICE di Indonesia. Namun di Indonesia sudah mulai ada lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan tentang MICE. Banyak negara yang sudah menjadikan dunia MICE sebagai salah satu potensi wisatanya.
Dunia MICE memiliki multiplier effect yang sangat besar. Sangat banyak lapangan pekerjaan yang tercipta dari adanya event MICE di suatu negara. Puluhan roda industri di dunia akan berputar dengan baik karena ada event MICE. Pihak pihak yang akan mendapat keuntungan dari event MICE antara lain:
  • Professional Exhibition Organizer (PEO),
  • Professional Conference Organizer (PCO),
  • Stan Kontraktor,
  • Freight Forwarder,
  • Supplier,
  • Florist,
  • Event Organizer,
  • Hall Owner,
  • Tenaga kerja musiman
  • Percetakan
  • Transportasi
  • Biro Perjalanan Wisata
  • Agen Perjalan Wisata
  • Hotel
  • Perusahaan Souvenir,
  • UKM, dan masih sangat banyak lagi.

1 komentar: